Logo Kabupaten Pangandaran Disahkan

Wednesday, 15 May 2013 | 08:23:35 WIB

Terkait

Hasil Penggabungan dari Tiga Pemenang Lomba

PANGANDARAN, (KP).-
Panitia Sayembara Logo Kabu­pa­ten Pangandaran akhirnya me­mutuskan hasil seleksi untuk lambang pemerintahan Kabupaten Pa­ngandaran, Selasa petang (14/4). Lambang yang akan menjadi ciri khas Kabupaten Pangandaran itu merupakan penggabungan bentuk logo dari tiga peserta terpilih sebelumnya yang kemudian disesu­aikan oleh panitia sayembara.
Tiga peserta yang logonya terpi­lih yaitu milik Hadi Sudarmo war­ga Desa Wonoharjo, Pangandaran, Ir. Sonny Agustiana warga Desa Ba­bakan, Desa Pangandaran, dan Isyak, warga Desa Babakan, Pa­ngan­daran.
Gambaran umum lambang pe­merintahan Kabupaten Panganda­ran di antaranya perisai berbentuk segi lima dengan warna dasar biru muda. Selain itu di bawah perisai terdapat pita berwarna kuning de­ngan tulisan “Jaya Karsa Makarya Praja” yang artinya ide yang digagas selalu menjadikan sukses dan bersumber dari aspirasi masyarakat Kabupaten Pangandaran.
Selain itu, terdapat beberapa detail gambar di antaranya padi-ka­pas berbentuk lingkaran yang di te­ngahnya terdapat gambar kujang. Se­lain itu, terdapat beberapa visualisasi yang menjadi ciri khas wila­yah Kabupaten Pangandaran, di an­taranya gambar pohon kelapa (berwarna hijau), gunung (berwarna hijau), dan benteng berwarna merah.
Hal lain yang menjadi bagian da­ri lambang pemerintahan Kabu­paten Pangandaran terdapat gambar pondasi berwarna kuning. Ke­mudian, gambar riak air berwarna putih, serta bunga raflesia.
Ketua Pelaksana Sayembara Lo­go Kabupaten Pangandaran, Drs. Wagiman, didampingi Sekretaris­nya, Sukirman, M.Si., menjelaskan, makna perisai dalam logo
Kabu­paten Pangandaran bermakna ke­da­maian, ketentraman, dan kesejahteraan. Gambar padi-kapas ber­makna kesuburan akan sandang-pangan.
“Lambang pemerintahan Kabu­pa­ten Pangandaran memiliki ba­nyak makna dan arti. Di antaranya gambar bintang menggambarkan keyakinan yang tinggi kepada Tu­han YME. Sedangkan gambar kujang, menggambarkan pusaka ke­ra­jaan Pajajaran yang dapat dimaknai sebagai kecintaan terhadap tanah air,” papar Wagiman.
Ketua Presidium Pembentukan Kab. Pangandaran, H. Supratman, didampingi Sekretarisnya Andis Sose, SE, dan wakil Koordinator Kec. Pangandaran, Saprudin Hanif, M.Pd., menjelaskan, selain gambar-gambar yang memiliki makna, warna pada logo Kab. Pangandaran memiliki makna tertentu. Seperti warna kuning bermakna kesejahteraan dan warna biru bermakna kedamaian. E-38***

Author : Dedi Sunardi Dibaca : 1580 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Ada 3 Komentar untuk berita ini Kirim Komentar Anda
  1. dian

    Comment Arrow Monday, 27 May 2013 | 09:07:07 WIB

    salam priangan min tolong kirimin logonya yang sah ya.. hatur nuhun


  2. kang ones

    Comment Arrow Sunday, 07 Jul 2013 | 13:12:30 WIB

    tolong kirim logo pemkab pangandaran anu sah abdi peryogi pisan


  3. kang ones

    Comment Arrow Sunday, 07 Jul 2013 | 13:14:31 WIB

    tolong kirim logo pemkab pangandaran anu sah abdi peryogi pisan


Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.