Utusan Empat Negara Hadiri Pameran Ekonomi Kreatif

Tuesday, 07 May 2013 | 10:11:56 WIB

Terkait

KOTA, (KP).-
Pameran Ekonomi Kreatif dan Pariwisata yang digelar dalam rangka Hari Jadi Garut ke 200 tahun ternyata tak hanya didatangi oleh ribuan warga Garut dari berbagai daerah, tapi juga didatangi oleh tamu kehormatan dari empat negara.
Ke empat negara yang sempat menghadiri pameran yang dipusatkan di Alun-alun Garut ini berasal dari Papua Nuigini, Timor Leste, Suriname, dan Fiji. Selain itu, ada juga rombongan dari Nusa Tenggara Timur yang datang, khusus untuk menghadiri pameran ini.
“Mereka datang sambil studi banding tentang ekonomi kerakyatan. Dan mereka juga menilai positif kegiatan pameran ini,” kata Ketua Panitia Penyelenggara, Budi Rahadian saat penutupan pameran, Minggu (5/5) malam.
Menurut Budi, perwakilan ke empat negara tersebut memang sengaja datang untuk mencari informasi tentang berbagai hal mengenai produk-produk unggulan di Garut, seperti usaha Dodol Garut, budidaya Domba Garut, hingga kerajinan Jaket Kulit yang marak di Garut dan terkenal hingga dunia internasional.
“Kami berharap, pasca pameran ini, para investor yang datang ke pameran, termasuk perwakilan dari empat negara itu, menindaklanjutinya dengan melakukan kerjasama usaha dengan pelaku usaha di Garut,” katanya.
Budi juga menambahkan, yang membuatnya merasa “reugreug”, pameran ekonomi kreatif ini boleh disimpulkan cukup berhasil. Indikatornya, kata dia, transaksi yang terjadi di pameran ini rata-rata dalam satu harinya mencapai Rp 300 juta.
“Pameran ini diikuti oleh 250 peserta, terdiri atas UMKM, BUMD, BUMN, Perbankkan, Polri Multinasional, Organisasi Olah Raga, SKPD, Asosiasi Pasar Tani, dan sejumlah perusahaan lainnya,” kata dia.
Budi berharap penyelenggaraan pameran ini dapat menjadi referensi bagi seluruh steak holder sebagai program kerja pemangku kebijakan yang harus ditindaklanjuti. "Tahun depan mudah-mudahan pameran ini bisa lebih ditingkatkan kembali baik kwantitas maupun kualitas penyelengga­ra­an," ujarnya.
Ketua DPRD Garut, Ahmad Bajuri menyatakan bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dia juga mengaku menerima beberapa pesan singkat dari masyarakat yang menginginkan agar pameran tersebut digelar secara bergiliran di tiap kecamatan.
"Atas dasar itulah kami meminta kepada Kadin agar memikirkan keinginan masyarakat tadi. Jadi cenah ulah di Garut Kota wae pameran teh," ujarnya. Bajuri juga menyebutkan, ada sebagian masyarakat yang berkeinginan penyelenggaraan Pameran jangan hanya sepekan. E-44***

Author : Zulkarnain Finaldi Dibaca : 136 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.