Saluran Irigasi Tambaklara 15 Tahun Tak Berfungsi

Friday, 19 Apr 2013 | 09:33:31 WIB

Terkait

PANAWANGAN, ( KP).–
Saluran air irigasi Tambak-lara sepanjang 6 kilo meter yang diambil dari bendungan Kiwiri kali Cigede Pana­wang­an,sudah 15 tahun lebih hampir tidak ber­fungsi.
Saluran irigasi yang mengairi sawah dan kolam milik warga Indragiri dan Desa Cinyasag Kecamatan Pa­­nawangan sudah banyak yang jebol.
Padahal saluran air irigasi Tam­bak­la­ra yang di­banguan pada tahun 1986 de­­­ngan lebar 50 cm dalam 1 meter oleh Pem­­da Cia-mis itu, sangat di­bu­tuh­kan sekali oleh ratusan warga. Selain digunakan untuk mengairi sawah dan kolam juga untuk keperluan sehari-hari.
Menurut Ketua RT Dusun Ci­­rikip, Dudu Abdurahman (34), warga Dusun Cirikip sangat mengharapkan sekali saluran air irigasi Tambaklara difungsikan lagi. Sejak saluran air rusak, warga bergiliran pergi ke hulu untuk membetulkanya.
“ Upami bade neang cai teh warga berangat ti lembur sok jam. 15.00, ari mulangna sok jam. 1 dugi ka jam 2 subuh kumargi upami cai hayang terus ngocor kudu ditungguan terus, kadang lain sakali warga sok hog- hag pasea jeung warag anu ti Desa Indargiri dugika bade silih kadek alatan maseakeun cai,“ jelasnya.
Sementara menurut Kepala De­sa Indargiri, Engkos mengaku sudah berkali-kali mengajukan untuk perbaikan ke Pem­kab Ci­amis. Bahkan sudah dibahas da­la Musrenbang, namun hingga kini belum ter-ealisasi.E-42 ***

Author : M. Romli Dibaca : 192 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.