Pariwisata Menggeliat

Friday, 05 Apr 2013 | 08:01:40 WIB

Terkait

Cijulang, (KP)-
Pasca-perbaikan jalan Pa­ngan­daran-Cimerak yang dilakukan masyarakat secara swadaya dibantu Kodim 0613/Ciamis, Polres, Ormas, LSM, Balwista serta stake holder daerah setempat, berdampak positif terhadap perekonomian warga.
Ucup supriatna (45) tokoh Pemuda Cijulang Kepada KP kemarin mengungkapkan, di­rinya mengaku cukup bangga dengan kebersamaan antara masyarakat dengan LSM, Ormas, aparat Polri dan TNI sehingga jalan yang tadinya rusak berat berangsur baik. Ia optimis, kondisi jalan yang sudah membaik meski hanya sementara ini akan me­ning­katkan gairah pariwisata yang sempat terpuruk.
“Syukur Alhamdulilah pengguna jalan sekarang lega karena sudah bisa dilalui dan tidak terlihat lobang pada jalan. Saya optimis, hal ini akan mengembalikan geliat ekonomi warga kami,”ungkapnya.
Ia kembali menuturkan, selain optimistis akan terjadi geliat pariwisata, juga akses pedagang yang berjualan ke pasar cijulang bisa cepat, aman dan tentunya nyaman. Berbeda dengan dulu, selain lambat tiba ke tujuan, juga kerap terjadi kerusakan barang dagangan terutama telur yang banyak yang pecah saat melintasi jalan yang berlubang.
Salah satu warga Cijulang, Agus berharap, setelah jalan dalam kondisi baik, truk pasir besi yang menjadi penyebab utama kerusakan jalan tidak lagi melintasi ruas jalan yang baru diperbaiki. Pasalnya, perbaikan jalan tersebut selain perbaikan itu mengorbankan waktu, tenaga dan fikiran seluruh elemen masyarakat dibantu aparat TNI dan Polri, juga dampaknya khawatir terjadi lagi kerawanan sosial antara warga dengan supir truk dan pengusaha pasir besi.
“Alangkah lebih elok jalan ini senantiasa dalam kondisi baik. Untuk itu, penyebab kerusakan jalan harus diminimalisir atau bahkan dihentikan. Karena selain menyebabkan ekonomi warga hancur, pariwisata nyaris mati, juga beberapa hari lalu sempat menyebabkan ketegangan sosial,”ujarnya.
Sementara itu, pengemudi Bus Budiman Jurusan Tasikmalaya-Cijulang, Jono (47) mengapresiasi kebersamaan warga Pangandaran, Cijulang dan sekitarnya. Dengan kerja sama yang baik, jalan yang tadinya rusak, kembali baik meski ia yakin hal ini hanya sementara waktu saja.
Ia pun mengungkapkan, dengan kondisi jalan yang relatif bagus, tidak terlambat lagi membawa penumpang yang akan beraktifitas ke tempat kerjanya, termasuk anak-anak sekolah tidak kesiangan tiba di sekolahnya masing-masing.
Di tempat terpisah, Rahman (16) siswa SMA Negeri 1 Parigi membenarkan, pascakondisi jalan yang baik, dirinya sudah tidak lagi kesiangan tiba di sekolah.
“Mudah-mudahan saja jalan terus seperti ini (kondisi bagus), karena ternyata cukup banyak manfaatnya apabila jalan dalam kondisi ba­gus,”ujarnya.(Jer)***

Author : Teguh Arifianto Dibaca : 260 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Ada 1 Komentar untuk berita ini Kirim Komentar Anda
  1. urang cimerak

    Comment Arrow Saturday, 06 Apr 2013 | 07:27:38 WIB

    duruk wae mun aya pasir besi ngaliwat mah kade mobilna wungkul ulah supirna mah da eta mah sakadar buburuh


Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.