Kedelai Ciamis Meningkat

Friday, 19 Aug 2011 | 06:43:41 WIB

Terkait

CIAMIS, (KP)
Produksi biji kedelai kering 2011 diperkirakan akan menghasilkan sebanyak 14,794 ribu ton.Angka tersebut meningkat dibanding produksi tahun 2010 yang volumenya sekitar 2,297 ton. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman pangan kab.Ciamis Ir.H.Endang Supardi MP didampingi Kabid Serelia dan Palawija Yayat Sudaryat,beberapa waktu lalu.
H. Endang Supardi menyampaikan,peningkatan produksi kedelai tersebut dari luas lahan 9.044 ha yang tersebar dibeberapa kawasan yang diantaranya, Pamarican, Banjarsari, Sidamulih Mangunjaya, dan lainya.
"Produktivitas tanaman kedelai pada tahun 2011 ini mencapai rata-rata 18,42 ton,dimana kenaikan hasil dari kedelai ini diperkirakan akan terjadi pada musim panen di bulan akhir Agustus mendatang"tegas H.Endang.
Dijelaskannya,produksi kedelai sangat dipengaruhi oleh faktor tanah,curah hujan dan perilaku tanam petani,dimana kedelai tumbuh bagus di lahan kering seperti saat ini.
Selain itupun juga lanjut H.Endang Supardi,perkiraan peningkatkan produksi kedelai di Ciamis ini kiranya pula didukung oleh adanya program sekolah Lapangan,Pengelolaan,Tanaman,Sumber daya Terpadu (SLPPT).
"Program SL-PPT kedelai itu sendiri merupakan sekolah Lapangan dalam wadah kelompok tani/poktan dimana diharapkan mampu memberdayakan dan menfungsikan poktan sebagai kelas belajar unit produksi dan wahana kerjasama sehingga mampu meningkatkan provitas dan produksi yang optimal secara berkelanjutan ,"jelas H.Endang Supardi.
Ditahun 2011 SL-PTT komoditas kedelai seluas 2000 ha,yang tersebar di beberapa wilayah di Kab. Ciamis,seperti Cimerak, Cijulang, dan Purwadadi,"tegasnya.
"SL-PPT ini dilaksanakan berkali-kali pertemuan ataupun tatap muka/pertemuan dimasing-masing poktan mengikuti periode perkembangan/fase pertanaman, sehingga peserta dapat mengamati,melaksakan dan menyimpulkan sendiri,hingga demikian PPL berperan selaku pendamping atau fasilitator"jelasnya.
Selain itupun juga para petani mendapat fasilitas berbagai sarana produksi berupa,pupuk,dan lainnya. K-02***

Author : Duddy Rahayu Suhada Dibaca : 251 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.