Siswa SMK 1 Padaherang Memproduksi Semen

Monday, 02 Jul 2012 | 11:21:49 WIB

Terkait

CIAMIS,(KP).-
Gubernur Jabar H. Ahmad Heryawan menyambut baik produksi semen SMKN 1 Padaherang sebagai sebuah kemajuan pendidikan SMK di Jawa Barat. Apalagi kecamatan Padaherang berada di kawasan Jawa Barat selatan yang kaya bahan tambang.
“Produksi semen SMKN 1 Padaherang bisa menjadi lahan wirausaha yang bagus bagi generasi muda kedepan. Kalau yang lain mobil, kita semennya,” ujar Ahamad Heryawan saat mengglar acara ìCurhatî dengan Jajaran SMKN 1 Padaherang, Komite Tenaga Sukwan Indoensia (KTSI), Asosiasi Pembantu Penghulu (APPP) dan Presidium Pemekaran Kab. Pangandaran, di RM Torojol, Minggu (1/7).
Menurutnya, jiwa wirausaha di SMK sangat luas, makanya menjadi tugas wajib bagi guru-guru SMK untuk menanamkan jiwa wira usaha pada semua SMK apapun jurusannya. Termasuk mampu mengolah bahan tambang di lingkungan sendiri, dari pada dijual dalam bentuk mentah ke luar negeri seperti di SMKN 1 Padaherang.
“Pemerintah propinsi Jabar akan membantu pengembangan produksi semen di SMKN 1 Padaherang. Bahan tambang yang ada di Jabar Selatan jangan sampai dijual mentah tapi harus bisa diolah sendiri. Jika dijual mentah banyak ruginya,” kata Ahmad Heryawan yang biasa disapa Kang Aher.
Sementara itu Kepsek SMKN 1 Padherang Asep Agus didampingi Ketua Program Geologi Pertambangan Dadi Hidayat mengatakan, produksi semen Pozolan sudah berjalan selama 3 tahun. Semen Pozolan terbuat dari bahan tambang trast, zeolit dan kapur merupakan jenis semen yang bisa digunakan untuk bahan bangunan selain semen portlan yang biasa beredar di pasaran.
“Siswa SMKN 1 Padaherang Program Geologi Pertambangan baru mampu memproduksi semen jenis Pozolan, karena untuk Portlan masih kekurangan alat yang mampu mengeluarkan panas lebih dari 1400 derajat celcius. Untuk bahan baku semen baik Pozolan maupun portlan tidak masalah karena banyak tersebar di wilayah selatan Ciamis î ujarnya.
Sejak berhasil memproduksi semen dan pupuk phospat, kata Agus, SMKN 1 Padaherang kini terus dibanjiri siswa dan perusahaan tambang yang membutuhkan pekerja.
“Sejak didirikan tiga tahun lalu, jumlah siswa sudah mencapai 1.400 orang, dengan lima keahlian yaitu, geologi pertambangan, Teknik Kemputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Elektronika Industri serta Teknik pengolahan migas dan petrokimia,î ujarnya. E-35***

Author : Duddy Rahayu Suhada Dibaca : 752 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Ada 1 Komentar untuk berita ini Kirim Komentar Anda
  1. imam khoiru muttaqin

    Comment Arrow Wednesday, 11 Jul 2012 | 21:19:25 WIB

    saya sangat mendukung dengan adanya program smk n 1 padaherang yang memproduksi semen karna dengan adanya program seperti itu kita bisa menciptakan lapangan kerja bagi para lulusan smk N 1 padaheran. Jadi smk n 1 padaherang bukan hanya menciptakan SDM saja tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Maju terus SMK N 1 Padaherang. SMK BISA.....!!!!!!


Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.