Irigasi Jebol Sawah Warga Kekeringan

Thursday, 21 Jun 2012 | 10:11:39 WIB

Terkait

PANAWANGAN - Saluran irigasi kali Cigede mulai jebol di beberapa titik. Akibatnya sekitar tujuh hektar lahan sawah milik warga di wilayah Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan mengalami kekeringan. Sebagian lahan sawah milik warga yang semula produktif, kini banyak yang tidak ditanami padi dan dibiarkan menjadi gambulng.
Menurut salah seorang warga pemilik sawah, Kasdi ( 63), “ sejak saluran irigasi dari kali Cigede jebol, kini air yang biasa mengairi ke lahan sawah milik kami jadi tidak ada, kondisi itu sudah terjadi sejak 10 tahun yang lalu, biasanya ketika saluran airnya masih normal, ketika memasuki musim kemarau seperti ini, kami masih bisa menikmati hasil panen, kini kami hanya bisa mengandalakan ketika pada musim hujan saja,” ujarnya. Kepala Desa Sagalaherang, Kosim, didampingi Kaur Ekbang, Eman, menuturkan saluran irigasi yang jebol sumbernya dari irigasi Tonjong Kali Cigede sepanjang empat kilo meter, dan itu sudah terjadi sejak 10 tahun lalu, namun karena kondisinya berada di saluran lahan tanah yang labil. “Saat diperbaiki kondisinya tidak bisa bertahan lama, lahan sawah warga yang mengalami kekeringan dari 7 hektar tersebut, berada di lima titik yakni, di Blok Cibayawak, Pasir tengah, Gudawang, dan di Blok Gunung salam,” katanya. E-42**

Author : Duddy Rahayu Suhada Dibaca : 213 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.