Hari Ini, Pangandaran Gelar Pesta Patok

Wednesday, 13 Jun 2012 | 11:43:07 WIB

Terkait

CIAMIS, (KP).-
Hari ini, Rabu (13/6), Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan akan meresmikan Pesta Patok tingkat Provinsi Jabar di Pangandaran.
Acara yang digelar dua tahun sekali tersebut berisi kegiatan kontes ternak unggulan dan
pameran hasil peternakan dari berbagai daerah di Jabar. Sehari sebelum Pesta Patok dibuka secara resmi oleh Gubernur Jabar, suasana di tempat berlangsungnya kegiatan sangat meriah. Yaitu, di salah satu sudut arena kegiatan, dilangsungkan "adu ketangkasan domba".
Domba terpilih dari tiap daerah, "diabenkeun" dengan domba lain yang memiliki bobot sama. Suasana terasa semarak saat berlangsungnya adu ketangkasan. "Padungdung" kenda penca mengiringi setiap langkah domba yang saling beradu.
Bukan hanya itu, suasana semarak di sekitar arena terjadi juga akibat sorak-sorai "bobotoh" pendukung domba yang beradu ketangkasan. Selain itu, banyak penonton yang ngarengkenek mengikuti irama kendang penca tanpa henti.
Panitia Lokal Pesta Patok Tingkat Prov Jabar, Ipin Saripin memastikan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, akan meresmikan Pesta Patok pada Rabu pagi (13/6). Setelah meresmikan Pesta Patok, kata dia, Gubernur akan beraudiensi dengan jajaran Presidium Pembentukkan Kab. Pangandaran di Desa Pananjung, Pangandaran.
Ipin menegaskan kegiatan yang dinamakan kontes ternak unggulan adalahajang kejuaraan ternak sapi, domba, kambing, dan unggas yang diamati dari berbagai kategori, seperti hewan sebagai pejantan, bibit, pedaging atau perawakannya.
"Kejuaraan hewan ternak yang dilombakan diantaranya dilihat dari kategori pejantan, bibit, pedaging, atau ketampanannya," kata Ipin.
Petugas Teknis Peternakan Kec. Sidamulih, Uhyan Aori mengatakan, dalam ajang tersebut pihaknya mengirimkan pameran hasil peternakan. Hewan yang diunggulkan, yaitu hewan perawakan Etawa yang dinilainya sangat bagus. E-38***

Author : Zulkarnain Finaldi Dibaca : 223 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.