Kepala BBWS Citanduy Kurang Peka

Tuesday, 27 Mar 2012 | 10:50:01 WIB

Terkait

Kami warga Kampung Tanjungsari, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, yang Rumahnya ada di pinggir Sungai Cikalang merasa resah, sehubungan rumah tepat tinggal dan Mesjid tempat beribadah kami setiap saat terancam longsor akibat tergerus arus deras sungai Cikalang. Bahkan kuburan kakek dan uyut kami pun terancam longsor pula oleh hantaman air sungai tersebut ke bibir tebing.
Bapak bisa lihat lokasinya di RT 01 RW 01 Tanjungsari rumah dan mesjid kami sudah retak-retak. Terlebih pada musim penghujan bapak-bapak yang terhormat, debit air sungai tersebut bertambah besar,
karena Sungai Cikalang menampung limpahan air Cileuncang dari Kota Tasik khususnya dari seputaran daerah Lapangan Dadaha.
Kami secara swadaya mencoba menanggulanginya untuk membangun kirmir sungai tersebut sebagai upaya penyelamatan bangunan rumah dan mesjid kami, namun keterbatasan uang masyarakat menyebabkan pembangunannya tersendat-sendat dan pelebaran sungai tersebut semakin menjadi-jadi mengancam pemukiman.
Keadaan ini telah berlangsung lama dan telah beberap kali dilaporkan dan diusulkan untuk ditembok seperti di daerah lain ke dinas terkait (Kepala PSDA Citanduy dan Kepala BBWS Citanduy), namun hingga kini belum juga tersentuh apa lagi ditinjau.
Dari tahun 2009 tahun 20010 dan 2011 kami menunggu uuran tangan BBWS maupun PSDA Citanduy namun belum juga ada. Terakhir surat pengusulan kami disampaikan ke kepala BBWS Citanduy di Banjar 14 Januari 2012 namun jangankan ditinjau, direspon pun tidak.
Kemudian saya pun mencoba meminta bantuan boronjong, agar bisa menahan tanah dari gerusan air. Bantuan boronjong yang dijanjikan pun tidak pernah ada.
Yang ingin saya tanyakan apakah benar pengusulan pembangunan proyek kirmir sungai tersebut harus ada dana usungan dari masyarakat? Kalau memang harus ada uang usungan, berapa besar uang usungannya yang harus kami kumpulkan, sehingga kami bisa mewujudkan kirmir tembok Sungai Cikalang tersebut dan kami tidak lelah menunggu terus.
Mohon ada jawaban. Terima kasih.

Syamsul Maarif
Wartawan Senior
Warga Kampung Tanjungsari RT.01 RW01 Kelurahan Sukanagara
Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya

Author : Dedi Sunardi Dibaca : 305 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.