Tak Mengubah Resep Asli, Sorabi Cihiba Diburu Pembeli

Sunday, 29 Jan 2012 | 13:51:05 WIB

Terkait

PENJUALAN makanan ciri khas Tasikmalaya, seperti sorabi yang terbuat dari bahan dasar beras cukup laku, menunjukkan masih banyaknya penggemar yang menyukai jenis makanan tersebut.
Dalam jangka waktu tidak lebih dari 2,5 jam sebanyak 700 buah sorabi yang disajikan oleh Uyun (35) seorang pedagang sorabi yang mangkal di Jalan Cihideung Balong, Kota Tasikmalaya sejak pulul 17.00 WIB itu selalu habis terjual dalam setiap harinya.
”Seseringna mah icalan sorabi teh sok dugi ka tabuh dalapan wengi oge tos seep,” ujar Uyun, sambil menyajikan sorabi pesanan pembeli, Kamis (19/1) malam.
Menurut Uyun, sorabi sebanyak 700 buah yang dijual Rp 500/buah itu hanya memerlukan bahan dasar beras sebanyak 7 kg disamping bahan lain seperti garam dan kelapa yang diparut.
”Mung dipidamelna kedah ku panangan abdi margi pami kunu sanes mah sok robih rasana, da pami dipidamel ku pun bojo mah icalan teh sok rada kendor,” katanya.
Sementara cukup lakunya penjualan sorabi, menurut Uyun, selain penyajiannya yang harus pas juga karena tidak merubah resep yang diberikan oleh neneknya sehingga rasanya juga masih seperti dulu dan original, hanya namanya saja yang ditambah menjadi Sorabi Cihiba.
”Koncina mah teu ngarobih resep sorabi warisan ti pun nini we, ditambih ciri khas aya sambel oncom nu di coel,” jelasnya.
Uyun menambahkan, sehingga para pembelinya juga kebanyakan putra dan cucu-cucunya dari pelanggan neneknya dulu ketika masih berjualan dan biasa membeli sorabi dari neneknya.
”Nu kapungkur nuju alit keneh sok dicandak ku sepuhna meser sorabi, tah dugi ka ayeuna tos arageung teh teras we janten langganan abdi bari sok nyandak anggota keluargana,” terangnya. Sekarang hanya ditambah dengan pelayanan yang cepat serta penyediaan tempat untuk lesehan. Pengunjung lebih leluasa menikmati sorabi. (Dudu Risana/”KP”)***

Author : Teten Rustendi Dibaca : 294 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.