Ratusan Warga Banjar “Ontrog” Kantor BBWS-Citanduy

Thursday, 24 Nov 2011 | 16:36:11 WIB
Lokasi di Banjar, Tapi Manfaatnya Nyaris Tak Terasa

Terkait

BANJAR,(KP).-
Ratusan massa dari Aksioma Rakyatis, Rabu (23/11) siang mendatangi kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. Mereka menggelar aksi demonstrasi terkait peran BBWS Citanduy yang terkesan seperti kerajaan dalam kerajaan.
“BBWS itu lokasinya di Kota Banjar, namun manfaatnya nyaris tidak bisa dirasakan oleh masyarakat Banjar,” kata Asep Edi, koordinator aksi.
Dia berharap BBWS Citanduy bisa duduk bersama dengan pemerintahan setempat dalam menyusun perencanaan kinerja mengenai pengelolaan sungai. Sehingga operasionalnya tidak terkesan masing-masing.
“Idealnya apapun persoalan mengenai tatakelola sungai harus juga disesuaikan dengan visi misi yang diemban oleh pemerintah setempat,” katanya.
Disamping itu Aksioma juga menuntut BBWS Citanduy dalam melaksanakan pekerjaan infrastruktur jangan hanya bersandar pada ketentuan normatif saja. Akan tetapi pekerjaan infrastruktur juga harus memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar lokasi pekerjaan.
“Salah satu contohnya adalah pekerjaan penataan tebing Citanduy di belakang komplek perkantoran Purwaharja. Secara normatif pekerjaan itu tak masalah, namun pada kenyataannya pekerjaan itu justeru menebar ketakutan bagi masyarakat setempat,” katanya.
Herher Rohilin, aktifis Aksioma lainnya mengatakan, inti dari aksi massa tersebut adalah menuntut pihak BBWS untuk membuka diri terhadap masyarakat. “Jangan mentang-mentang instansi vertikal, tapi hargai juga masyarakat dan pemerintahan kota Banjar,” kata Herher.
Sementara itu, Kepala BBWS Citanduy, Syahrial Rahmat berkilah bahwa selama ini pihak selalu berupaya untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan masyarakat maupun pemerintahan setempat.
“Mulai dari daerah hulu sampai hilir Citanduy semuanya kami perhatikan, jika tanpa koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat dan pemerintah, mana mungkin kami bisa bekerja,” kata Syahrial seraya mengaku respek terhadap aksi tersebut.E-12***

Author : Teguh Arifianto Dibaca : 394 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.