Terima Kasih Agen dan Loper!

Wednesday, 25 May 2011 | 19:56:42 WIB
Kecepatan dan ketepatan

Terkait

Kecepatan dan ketepatan mengirimkan koran kepada pembaca merupakan tantangan tersendiri tugas seorang agen dan loper koran. Siasat yang paling realistis adalah mengantarkan koran dengan kendaraan paling cepat. Sepeda dan motor merupakan dua kendaraan roda dua yang banyak dipilih para loper. H. Ujang Rusmana, agen koran yang berdomisili di kawasan Asrma Nyantong, Kota Tasikmalaya mengaku, lebih memilih kendaraan sepeda motor daripada kereta mesin karena kecepatan dan daya jelajah yang lebih jauh.
“Kumargi diudag waktos pami ngintun koran mah. Dina ngintun koran abdi ngangge motor kumargi langkung cepet sareng tiasa ka mana-mana,” papar pria yang sudah menjadi loper selama puluhan tahun itu.
Sementara Ano Dino, warga Imbanagara, Kab. Ciamis, lebih memilih menggunakan sepeda dalam mengantarkan koran, karena sudah menjadi kebiasaan selama puluhan tahun.
“Meski jarak pelanggan lumayan jauh, saya tetap mengantarkan koran pakai sepeda karena sudah tradisi dan sekaligus berolah raga di pagi hari,” papar pria yang cukup ramah itu.
Pun, begitu dengan loper-loper Kabar Priangan yang tersebar di seantero Priangan Timur seperti di Kota dan Kab. Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Sumedang, dan Kota Banjar. Mereka dengan setia dan sepenuh hati mengantar koran ke tangan pembaca.
Dalam sebuah kesempatan Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden Indonesia, mengatakan bahwa loper koran pantas disebut sebagai pahlawan informasi. Mereka berjasa menyebarkan ilmu pengetahuan dan informasi yang termuat pada media cetak.
Ungkapan tokoh asal Sulawesi itu tentu tidak asal keluar saja. Pekerjaan menjadi agen dan loper koran memang memerlukan pengorbanan dan dedikasi profesi cukup tinggi.
Betapa tidak, meski dalam berbagai kondisi apapun seperti hawa dingin pagi yang menusuk tulang, terlebih cuaca panas dan hujan. Tetap koran harus selamat sampai ke tangan pembaca.
Agen dan loper berusaha menyampaikan koran tepat waktu. Jika ada sesuatu hal menghalangi waktu pengiriman, mereka biasanya memiliki rencana lain agar para pelanggan tak lama menungggu. Misalnya, ban kendaraan meletus. Mereka bmemiliki hubungan kontak dengan loper yang lain.
Tak heran jika, para loper harus “asruk-asrukan” menembus tantangan di jalanan mengantarkan koran kepada pelanggan. Pekerjaan yang tentu membutuhkan energi dan stamina optimal. Terima kasih agen dan loper koran jasamu tiada tara! (Teten Rustendi/Kabar Priangan)***

Author : Hazairin Mahessa Dibaca : 1310 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.