Abah Anom Telah Siapkan Pengganti

Thursday, 08 Sep 2011 | 04:17:01 WIB

Terkait

PAGERAGEUNG, (KP).-
Siapa penerus pengganti Abah Anom? Diam-diam KH. A. Shohibulwafa Tajul Arifin (alm) atau lebih dikenal Abah Anom sudah mempersiapkannya sejak lama. Sejak tahun 1998 lalu Abah Anom telah memutuskan untuk memberikan amanah kepada tiga orang nama sebagai penerus Pontren Suryalaya.
Informasi yang dikumpulkan “KP” Rabu (7/9) menyebutkan, Abah Anom telah menulis surat wasiat yang langsung ditandatanganinya mengenai penerusnya. Dalam surat Nomor : 211.PPS.X.1998 itu guru mursyid Tareqat Qadiriyyah Naqsabandiyyah tersebut menyatakan menunjuk tiga orang yakni KH. Noor Anom Mubarok, BA, KH. Zaenal Abidin Anwar dan KH. Dudun Noorsaiduddin untuk mengelola, memelihara dan melestarikan Ponpes Suryalaya serta pembinaan ikhwan TQN.
Sayangnya dari ketiga nama tersebut satu di antaranya yakni KH. Dudun Noorsaiduddin yang merupakan anak kandung Abah Anom, sudah meninggal dunia mendahuli Abah Anom.
Dalam surat pernyataan yang dibuat pada tanggal 11 Jumadil Akhir 1419 Hijriyah atau 2 November 1998 itu, Abah Anom menghimbau kepada seluruh pimpinan lembaga termasuk para mubaligh dan wakil talqin yang ada di lingkungan Ponpes Suryalaya supaya berkomunikasi dan berkonsultasi dengan nama-nama tersebut.
Sebelum menuliskan surat pernyataan yang isinya sebuah amanah, Abah Anom juga telah menyatakan maklumat dalam bahasa yang sederhana dan mudah dicerna oleh para ikhwan dan akhwat TQN.
Untuk memastikan surat pernyataan dan amanah Abah Anom tersebut, KP mencoba untuk menemui salah satu nama yang trtulis di wasiat Abah Anom yakni KH. Zaenal Abidin Anwar. Namun yang bersangkutan tak bersedia menjelaskan amanah dan maklumat itu.
“Bukan pada tempatnya kami memperlihatkan maklumat tersebut sekarang,” katanya.
Namun Zaenal menyatakan, bertepatan dengan 40 hari almarhum, pihak Pontren Suryalaya akan mengundang seluruh pengurus baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.
“Kami akan menggelar musyawarah. Dalam musyawarah nanti salah satunya akan membahas hal itu,” ungkapnya. E-18***

Author : Enjang Sobarudin Dibaca : 13626 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.