Cabut Izin Galian C Desa Legok Kaler!

Thursday, 01 Aug 2013 | 09:19:29 WIB

Terkait

KOTA, (KP).- Ratusan warga Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh yang tergabung dalam “Tegas” (Tegakan Aturan Selamatkan Tampomas) mendatangi DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Rabu (31/7). Mereka memprotes operasional galian C di atas tanah kas desa dan mendesak Pemkab Sumedang untuk mencabut izin galian C di lokasi tersebut.

Menurut warga yang diwakili Lili dan Omon, tanah kas desa tersebut adalah tanah garapan petani warga Legok Kaler. Tiba-tiba, katanya, war­ga dilarang menggarap lahan, kemudian dalam seminggu ini ada aktivitas galian C yang konon sudah mengantongi izin dari Pemkab Sumedang.
“Oleh karena itu kami minta Pemkab Sumedang mencabut izin operasional galian C tersebut,” katanya, dibenar­kan warga lainnya.
Selain itu, warga meminta instansi terkait di Sumedang untuk melakukan pengukuran ulang tanah kas desa tersebut, karena sebelumnya tanah kas desa seluas 17 hektare lebih, sedangkan sekarang disebutkan tanah kas desa itu hanya 16 hektare.
“Kami meminta adanya pengukuran ulang, sebab bila dibiarkan bisa saja tanah seluas 1 hektare itu menghilang,” katanya.
Di Induk Pusat Peme­rintahan (IPP) Pemkab Sume­dang, warga Legok Kaler ini diterima oleh Wakil Bupati Sumedang H. Ade Irawan dan pejabat terkait di pendopo. Wabup Ade Irawan berjanji kepada warga akan mengecek kondisi sebenarnya tentang proses perizinan galian C tersebut.
“Perizinan galian C tersebut memang sewaktu pemerintahan Bupati Sumedang sebe­lumnya, tetapi kami tidak bisa serta merta langsung mencabut izin galian C tersebut begitu saja. Kami harus mengecek dahulu ke lapangan, serta meneliti proses perizinannya,” kata Wabup.
Kepada warga, Wabup berjanji akan datang ke lokasi hari ini, Kamis (1/8) siang. “Kami besok akan ke sana pukul 11.00 sampai pukul 14.00, bapak harus siap mengantar kami di sana,” kata Wabup disambut oleh warga kesiapannya.
Warga Desa Legok Kaler akhirnya membubarkan diri dari IPP. E-13***

Author : Moch. Ridwan Dibaca : 235 kali
Sent using Telkomsel Mobile Internet Service powered by
Belom ada komentar pada artikel ini Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda



Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.